April 23, 2007

Kartini 2007

Dalam rangka Hari Kartini 2007, Al Jabr Islamic School mengadakan acara "Art Performance in Commemoration of Kartini Day" yang wajib diikuti oleh semua murid mulai dari playgroup sampe SD. Seperti taon-taon lalu jaman Bunda masih imut *yang gak pake amit-amit* setiap Hari Kartini pasti semua murid mesti pake pakaian adat/daerah, begitu juga di sekolah Aurell sekarang. Bedanya, Al Jabr mengadakan acara seperti pentas seni dan stand-stand dari beberapa daerah yang udah ditentukan oleh pihak sekolah setiap kelasnya yang melibatkan parents. Contohnya kelas Aurell yaitu Balok 2 yang kebagian tuk menampilkan tema kedaerahan Jawa Tengah. So, seluruh murid di kelasnya ikutan pentas seni dengan menarikan tari 'Suwe Ora Jamu', murid perempuan pake kebaya lengkap dengan kain batiknya sambil bawa bakul mungil yang diisi botol-botol kecil bekas air mineral dan murid laki-laki pake celana batik + kaos putih + blangkon n gak lupa pake sarung yang disempang. Lucu-lucu banget.....kebayang dunks, anak-anak kecil pake kebaya ato blangkon sambil lenggak lenggok nari dengan gaya 'sakahayangna' meski gurunya udah susah payah ngajarin selama seminggu. Kenapa Bunda bilang 'sakahayangna' ? Yups, karena anak-anak dengan lugu n cueknya bergaya yang semestinya udah bergaya duduk....eh, malah ada yang teuteup wae bergaya duduk. Dari kelas lainnya ada tari kipas adat Minahasa, tari Bali, operet malin kundang, permainan alat musik angklung, dll. Oh iya, parents yang hadir juga diwajibkan pake pakaian daerah lho....jadi makin seru n heboh, saking hebohnya....ada anak yang ketinggalan naik panggung gara-gara nungguin ibunya yang lagi dandan di salon Spinning .
mbok jamu peranakan malang-kuningan

Setelah acara pentas seni selesai, anak-anak semuanya di'giring' keliling stand sambil gurunya memperkenalkan ciri khas daerah yang ada di display setiap stand. Ciri khas yang ditampilkan berupa makanan (seperti kerak telor yang dipajang lengkap dengan penjual dan pikulannya), pakaian daerah, seni (seperti ondel-ondel betawi), alat bantu permainan (seperti congklak antik Jawa Tengah), hasil kerajinan sampai ada juga stand yang dilengkapi dengan pelaminan. Seru banget lho.....apalagi semua makanan bisa kita nikmati secara gratis bin gretong....wow mantap !.

Acara berakhir jam 11.00 secara bentar lagi udah waktunya para lelaki tuk shalat Jumat. Semua bubar jalan n bagi para parents sibuk bongkar-bongkar stand but Bunda gak ikutan bongkaran secara ini body lagi gak asyik alias sakit geto lho.....*sorry ya moms balok 2*

No comments: