February 15, 2008

SLC @ Al Jabr Islamic School

SLC singkatan dari Student Led Conference adalah salah satu program di sekolah Aurell dimana setiap siswa mempresentasikan semua aktivitas yang sudah dilakukan di sekolah kepada masing-masing orang tuanya. Hal tersebut dimaksudkan untuk melatih siswa berkomunikasi dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Disamping itu juga, para orang tua menjadi lebih tahu mengenai perkembangan si anak selama bersekolah dan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anaknya di sekolah.

Saat pertama kali Bunda mendapat informasi dari sekolah bahwa akan diadakan SLC, serta merta Bunda setuju n antusias secara rasa ingin tahu Bunda n Ayah mengenai perkembangan Aurell disekolahnya. Bunda n Ayah mendapat jadwal hari Jumat (15/02/2007) jam 15.00 wib....sengaja euy minta sesi yang paling sore supaya ada alasan ke si boss di kantor tuk langsung pulang n gak balik ke kantor, wekekekek. Awalnya Bunda n Ayah ragu, apa anak seusia Aurell bisa melakukannya ? Ups, ternyata dugaan tersebut mesti dibuang jauh-jauh secara Aurell dengan penuh percaya diri memberikan penjelasan yang sangat informatif sampe-sampe Bunda n Ayah berdecak kagum....iyalah, wong anaknya sendiri getho loh....

Oh iya, mungkin ada baiknya Bunda ceritain juga gimana kronologisnya :
Pertama, Ayah n Bunda masuk ke dalam kelas Aurell trus disambut oleh Ms Refi (teacher) dan sedikit memberikan penjelasan ke Aurell sambil memberikan lembar checklist, penggaris panjang dan pulpen ke Aurell. Kemudian Aurell mulai memberikan penjelasan yang dimulai dari sisi kiri tembok kelasnya yang penuh dengan photo-photo dan hasil prakarya Aurell dan teman-temannya. Aurell menjelaskan moment yang ada di photo-photo tersebut trus lanjut dengan penjelasan mengenai hasil prakarya. Alhamdulillah, meski tembok kelas tertutup dengan berbagai hasil prakarya anak-anak karena saking banyaknya tetapi Aurell dengan rinci memberikan penjelasan satu persatu. Alat peraga yang ada di dalam kelas pun gak luput tuk diperagakan didepan Ayah n Bunda.

Kedua, kami diajak Aurell ke ruang musholla yang terletak di lantai 2. Disitu Aurell menjelaskan aktivitas yang pernah dilakukannya di dalam musholla, yaitu mulai dari menggambar dan mewarnai huruf hijjaiyah, membaca iqro sampai ke praktek shalat. Oh iya, Aurell juga memperagakan shalat ke Ayah dan Bunda lho.

Ketiga, selanjutnya kami diajak ke library yang letaknya persis bersebelahan dengan musholla. Kami pun langsung diperkenalkan oleh Aurell ke petugas library yaitu Ms Mega. Aurell menjelaskan mengenai kegiatan yang pernah dia lakukan di library sampai dengan memperagakan cara meminjam buku.

Keempat, setelah dari library kami diajak Aurell ke ruang komputer.....wow, tertata rapi sekali sampai-sampai nyaris tidak ada kabel berseliweran yang bisa membahayakan anak-anak. Seperti di ruang sebelumnya, Aurell juga menjelaskan kegiatannya disini dan memperagakan bagaimana mengoperasikan komputer.....meski baru bisa maen games doang, he3x.

Kelima, setelah say tengkyu ke Mr Wawan (petugas ruang komputer) lalu kami diajak ke ruang musik yang terletak di lantai dasar. Sejujurnya, baru kali ini Bunda n Ayah masuk ke ruangan ini....kagum aja dech secara alat musik yang tersedia bisa dibilang lengkap tuk ukuran anak TK-SD. Aurell menunjukkan semua alat musik yang ada, trus pake acara sok maen piano sambil nyanyi lagu 'twingkle-twingkle little star' segala padahal sech gak bisa sama sekali getho loh...so yang ada musik sama lagu teu kaditu teu kadieu alias ngacodotcom. Gak apa-apa...yang penting pede, wekekekek.

Terakhir yaitu ke lapangan olah raga but secara hujan besar so penjelasan dan peragaan pun dilakukan di lorong taman dekat kolam renang. Oh iya, Aurell juga gak lupa memperkenalkan Bunda n Ayah ke Mr Iwan sang guru olah raga. Trus, Mr Iwan memberi instruksi agar Aurell melompati beberapa ban yang sudah disusun secara berbaris. Aurell menjelaskan bahwa itu adalah salah satu game olah raga yang diajarkan Mr Iwan ke Aurell dan teman-temannya.



Wow.....Bunda n Ayah seneng n puas banget dengan adanya program SLC tersebut....good ideas !!! Selain Bunda n Ayah tahu kegiatan Aurell selama di sekolah tapi juga jadi tahu ada apa aja di ruangan-ruangan tersebut diatas, maklum aja dech secara Ayah n Bunda jarang banget dateng ke skulnya Aurell. Abis kalo lagi gak ada acara di skul mana bisa orang tua masuk ke lingkungan belajar di skulnya lagian Ayah n Bunda kerja juga kaleee.....

Okeh Aurell.....Ayah n Bunda Insya Allah akan selalu men-support dengan harapan Aurell akan menjadi anak yang mandiri, pandai dan shalihah supaya Aurell bisa mencapai cita-cita setinggi langit. Amin.

No comments: