March 25, 2008

Mudik Euy.....

Kamis, 20/03/2008
Libur panjang kali ini Bunda, Ayah, Aurell, Enek & Aki mudik ke Kuningan. Aki berangkat hari Rabu sore naik kereta bareng sama Mama Elly, T'Sasha & T'Githa. Sedangkan Bunda, Ayah, Aurell dan Enek + asisten berangkat hari Kamis pagi jam 07.30. Berharap sih gak macet....tapi ternyata baru aja di tol daerah Bekasi Timur macetnya gak ketulungan. Entah macetnya karena apa tapi yang jelas kondisi jalan tol saat itu padat banget....nyaris seperti mudik lebaran aja. Alhasil, perjalanan yang ditempuh antara pondok labu - Cikampek kurang lebih 3 jam 30 menit ! Untung aja Aurell gak pake acara bete meskipun kelihatan dia dah mulai bosen n capek karena ngoceh terus dan diselingi ngemil camilan sepanjang jalan. Setelah keluar pintu tol baru dech Aurell tidur pules banget, baru bangun di Resto Pesona Laut karena memang kita rehat dulu tuk maksi n shalat. Meski rame pengunjung, tapi alhamdulillah kita kebagian tempat yang asyik karena persis dekat ayunan tempat biasa Aurell main. Setelah shalat, makan kenyang dan Aurell puas bermain....kita lanjut lagi perjalanan menuju Kuningan secara Aki dah telepon melulu karena gak sabar menunggu kita di sana.
Sampe Kuningan persis maghrib dan yang pertama kali terasa adalah .....bbbbbrrrrrr....
dinginnya luuuuaaaarrrrrrr biasa ! Udara segar dan suasana pedesaan seperti inilah yang udah ditunggu-tunggu.....mmmmm, asyiknya. Setelah beberes dan mandi trus makan malam, kita tidur dech......zzzzzzz, gak usah pake AC tapi dinginnya melebihi AC bersuhu 16 derajat ! (masa sech ?!).

Jumat, 21/03/2008
Bangun pagi jam 05.30 n Aurell langsung ngajakin lihat pemandangan dari balkon kamar trus nyanyi lagu :
memandang alam dari atas bukit
sejauh pandang kulepaskan
sungai tampak berliku
sawah hijau membentang
bagai permadani di atas bukit
gunung menjulang berpayung alam
oh...indah pemandangan

Kiri : pemandangan dilihat dari balkon kamar
Kanan : pemandangan gunung ciremai dari teras depan rumah

berulang terus nyanyi lagu itu gak ada capeknya....yang ada malah kita yang denger cyapek dech... coz, dari kemaren sepanjang perjalanan yang ada sawah, gunung ato sungainya pasti dech nyanyi itu.
Oh iya, pagi itu Bunda ada pesenan bikin martabak n chocolate cake dari Enek tuk dibawa ke rumahnya Uyut sekalian juga tuk para tukang yang lagi kerja disana. Yo wis, Bunda pun langsung berkutat dengan terigu cs. Ternyata martabak yang baru aja mateng langsung laris manis tak bersisa apalagi ada T'Selly yang tadi malem dateng dari Bandung. Selesai bikin kue, Bunda, Ayah, Aurell dan Enek menuju ke rumahnya Uyut. Ya Allah...ternyata Uyut sudah semakin tua....Bunda sedih melihatnya sampe-sampe dalam hati Bunda langsung berdoa 'smoga aja disaat mudik lagi Bunda masih bisa bertemu dengan Uyut, amin'. Meski sudah renta di usia yang lebih dari 90 th ini, pendengaran dan daya ingat Uyut masih bagus sekali.....subhanallah.

Bunda, Uyut dan Aurell
Pulang dari rumah Uyut, kegiatan selanjutnya adalah......mmmm, apalagi kalo bukan memancing di depan rumah. Wuih...asyiknya, sayang Bunda gak ikutan karena langsung berkutat lagi dengan terigu cs...nasib...nasib.
Siangnya, setelah Ayah shalat Jumat kita ke pasar di kota Kuningan....libur panjang begini di Kuningan lumayan rame lho. Mungkin banyak yang mudik juga ya... Oh iya, sambil nunggu Ayah yang lagi beli peralatan listri, Bunda beli cireng n gemet (do u know cireng n gemet ? wekekek...pasti bingung dech !) yang merupakan salah satu makanan tradisional favorite Bunda sekeluarga. Gak disangka, Aurell juga ikutan suka lho....buktinya dalam sekejap dia melahap 2 cireng dan 2 gemet !!. Pulang dari pasar, Aurell dan Ayah melanjutkan acara memancing lagi...sedangkan Bunda leyeh-leyeh bareng T'Selly menikmati liburan di sore hari....ups, bahasanya tuh gak nahanin !.

Sabtu, 22/03/2008
Bangun pagi seperti kemarin dan langsung melihat pemandangan....suara nyaring Aurell yang bernyanyi pun terdengar lagi. Tuk memenuhi minat Aurell terhadap pemandangan alam, so Bunda ngajak Ayah tuk jalan-jalan ke arah Gunung Ciremai yang kebetulan desa tetangga. Alhasil, selama perjalanan pun Aurell gak henti-hentinya bernyanyi dan Bunda juga gak henti-hentinya membidikkan kamera plus handycam. Masya Allah....pemandangannya itu lho, baggguuuusss....buanget !. Ayah menghentikan mobil di ujungnya Desa Puncak secara emang sudah sampai ujungnya jalan aspal dan selebihnya merupakan jalan setapak menuju ke bukit-bukit sekitar Gunung Ciremai.

memandang alam dari atas bukit
Puas membidik alam, Bunda hunting susu sapi murni yang memang disana banyak peternak sapi perah dan kebetulan saat itu mereka sedang antri menaikkan hasil perahannya ke mobil angkutan susu. Dengan harga cuma Rp 21.000 Bunda sudah dapat 6 liter susu, padahal kalo di Jakarta Bunda biasa langganan susu murni seharga Rp. 7000 per liter. Sesampainya di rumah, asisten langsung memanaskan susu dan langsung disajikan panas-panas....wow, segar banget dan memang rasanya beda !. Gak ketinggalan, Bunda juga buat martabak manis lagi.....mmmm, makin enak aja dech.
Sayangnya, setelah shalat dhuhur Ayah, Bunda, Aurell dan asisten dah mesti balik ke Jakarta. Sedangkan Enek, Aki dan rombongan Mama Elly balik besok naik kereta. Alhamdulillah, selama perjalanan lancar meskipun sempat diguyur hujan yang amat sangat lebat di pantura. Sampai di pondok labu sudah malam....beberes bentar, trus mandi....zzzzz...bobo dech.

Minggu, 23/03/2008
Bunda tepar abis karena kecapekan....tiduran terus, bangun seperlunya aja...heheheh.... Sedangkan Ayah sibuk dengan mobil dan ngejemput Aki dan Enek ke gambir dan Aurell seperti biasa gak ada capeknya...dia maen terus sama teman-temannya di rumah.


note : cireng adalah aci/tepung kanji digoreng dan gemet adalah dage sa emet...nah lo makin bingung kan ? artinya 'dage = sejenis oncom tapi dari kacang tanah dan berwarna hitam' dan 'sa emet = sedikit' jadi gemet tuh sejenis combro yaitu singkong yang diparut lalu dibentuk bulat tapi isinya pake dage yang dibumbu sedikit pedas.

8 comments:

Ryuta Ando said...

Asyiknya yang mudik, mana daerahnya masih alami banget tuh keliatannya.

Aku suka banget cireng..waa bikin ngeces aja nih..

mutia and rayga said...

Say enak bgt pemandanganya bgs bgt.bener2alami,seger pisan.mendamba bgt aku sama pemandangan keik gitu.

bundAzkaFaqih said...

wahhh bnr2 masih asri bgt yaaaa...

seger bgt dehhh..

mau dong bun cirengnya;))

mamoy said...

mudik emang asik ya.... apalagi bisa makan makanan favorit kayak cireng... hmmm enak banged..
tempatnya asik gitu ya

Mom of Calysta 'n Clarissa said...

Asyik & seru niy acara mudiknya... pemandangannya indah banget ya Bun.. jd mupeng niy..

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

kok kamyu gag ajak2 akuw siy mudiknya?....
Kuningan kan deket banget dari rumah akuw....hiiii....

gag mampir kelinggarjati? rame meureun nya?.....makan cirengnya pake petis mmm yummy.....

mochie said...

Wuih seru banget nih liburannya Aurell...

Pemandangannya bagus banget ya, secara kampung halamanku di JKT.. melototin gedung mulu.. hehe

Anonymous said...

Asslm . .
Maaf Bu , beli susu murni di kuningan dmn ?
kebetulan sy setiap minggu pergi ke kuningan . .